Selasa, 24 Februari 2009

Karakter Warna

Warna ada dimana-mana dan sejak dulu warna diketahui mempunyai pengaruh terhadap manusia, namun baru belakangan berhasil dimanfaatkan secara luas. Tiap warna mempunyai karakter khusus atau sifat yang berbeda-beda. Misalnya warna biru-tua, melambangkan keadaan yang tenang dan lemah lembut. Sedangkan kuning-terang, melambangkan harapan dan aktivitas. Berikut ini dijelaskan secara rinci bagaimana karakter warna itu dan pengaruhnya terhadap manusia.

1. BIRU TUA (Melambangkan perasaan yang dalam.)

Sifat : Konsentrasi, pasif, bekerjasama, dapat menerima, perasa, cerdas, bersatu
Pengaruh : Tenang, cepat puas, lemah lembut, bijaksana, pengasih dan penyayang, tidak mudah tersinggung, banyak kawan

2. BIRU HIJAU (Melambangkan elastisitas keinginan )

Sifat : Konsentrasi, pasif, bertahan, bergerak sendiri, senang menguasai miliknya, tidak berubah akal.
Pengaruh : Teguh dan kokoh, mempertahankan miliknya, suka ngotot, keras kepala, sering bangga diri, berpendirian tetap


3. Merah Oranye ( Melambangkan kekuatan kemauan )

Sifat :
Eksentrik, aktif, agresif, bersaing
Pengaruh : Berkemauan keras, penuh gairah, senang menguasai, jantan

4. Kuning Terang ( Melambangkan sportanitas eksentrik )

Sifat : Eksentrik, aktif, menonjol, maju, toleran, berkemauan, senang menyelidik
Pengaruh : Berubah-rubah sikap, berpengharapan, asli, riang, dermawan, sukses, tidak percaya

5. Abu-Abu

Warna abu-abu tidak menunjukkan arti yang jelas. Tidak terang dan sama sekali bebas dari kecenderungan psikologis. Warna abu-abu cenderung netral.

6 . Biru

Warna biru melambangkan ketenangan yang sempurna. Warna ini mempunyai efek menenangkan saraf pusat, tekanan darah, denyut nadi, tarikan nafas. Sementara semua menurun, mekanisme pertahanan tubuh membangun organisme.

7. Hijau

Warna hijau melambangkan adanya suatu keinginan, ketabahan dan kekerasan hati. Mempunyai kepribadian yang keras dan berkuasa. Warna ini mempunyai sifat meningkatkan rasa bangga, perasaan lebih superior dari orang lain. Orang yang memiliki warna ini, mempunyai sifat yang senang dipuji, sering menasehati orang lain.

8. Merah

Warna merah melambangkan kondisi psikologi yang menguras tenaga, mendorong makin cepatnya denyut nadi, menaikkan tekanan darah dan mempercepat pernafasan. Warna ini juga mempunyai daya dorong kearah kerja aktif, memenangkan pertandingan, perjuangan, persaingan, erotisme dan produktivitas.

9. Kuning

Melambangkan kegembiraan. Warna ini juga mempunyai sifat longgar dan santai, senang menunda-nunda masalah. Tapi ia mempunyai cita-cita setinggi langit, semangatnya juga tinggi, berubah-rubah tapi penuh harapan.

10. Ungu

Ungu adalah campuran warna merah dan biru. Menggambarkan sifat "gempuran" keras yang dilambangkan oleh warna biru. Perpaduan antara keintiman dan erotis atau menjurus kepengertian yang dalam dan peka. Sifatnya sedikit kurang teliti tetapi selalu penuh harapan.

11. Coklat

Warna coklat seringkali menunjukkan ciri-ciri : suka merebut, tidak suka memberi hati, kurang toleran, pesimis terhadap kesejahteraan dan kebahagiaan masa depan.

12. Hitam

Melambangkan kehidupan yang terhenti dan karenanya memberi kesan kehampaan, kematian, kegelapan, kebinasaan, kerusakan dan kepunahan.


1 komentar:

Anonim mengatakan...

ya thanks infonya

Posting Komentar

 

© Ikirlavens VistaNet Copyright @2010 by Hanya Sebuah Goresan Kecil | Template by Ikirlavens